Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa MTs Riyadlatul Ulum 39 Bumiharjo

Rohaniyah, Siti Nur (2023) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa MTs Riyadlatul Ulum 39 Bumiharjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SITI NUR ROHANIYAH - 1901061032 - TMTK.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Analisis ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada MTs Riyadlatul Ulum 39 Bumiharjo tahun ajaran 2023/2024 di Kabupaten Lampung Timur dengan menggunakan materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal uraian sebanyak 5 butir, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, penyebaran instrumen tes soal kemampuan komunikasi matematis diberikan kepada kelas VIII A yang berjumlah 24 siswa. Wawancara dilakukan kepada siswa berkemampuan sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang yang masing-masing memiliki tiap kriteria kemampuan komunikasi matematis untuk dianalisis lebih dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII A MTs Riyadlatul Ulum berada pada tingkat kemampuan komunikasi matematis yaitu, 3 orang siswa dengan tingkat kemampuan sangat baik, 13 orang dengan tingkat kemampuan baik, 4 orang dengan tingkat kemampuan cukup, 3 orang siswa dengan tingkat kemampuan kurang dan 1 orang dengan tingkat kemampuan sangat kurang.

Kata kunci : analisis, kemampuan komunikasi matematis, siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:33
Last Modified: 13 Feb 2024 03:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9074

Actions (login required)

View Item View Item