Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Pulau Pisang Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Perspektif Etika Bisnis Islam

Miftahudin, Aji (2023) Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Pulau Pisang Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Aji Miftahudin - 1903011008 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan sektor wisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari berbagai lapisan, bahkan meningkatkan pendapatan devisa negara. Pariwisata merupakan suatu kegiatan yang secara langsung melibatkan masyarakat sehingga membawa berbagai dampak terhadap masyarakat setempat. Begitu potensialnya sektor pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat khususnya di Kecamatan Pulau Pisang ini, dapat dimanfaatkan menunjang pembangunan daerah serta memberikan sebuah citra dan potret tersendiri bagi Pesisir Barat.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pariwisata pulau pisang terhadap pertumbuhan ekonomi perspektif etika bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian, dalam penelitian ini adalah strategi yang dilakukan oleh pengelola wisata pulau pisang yakni dengan cara mempromosikan wisata lewat media sosial (Instagram, Facebook, dan Tiktok) serta dari mulut ke mulut, memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana seperti tersedianya masjid, toilet, bean bag, payung pantai, penerangan pantai dimalam hari, sewa sepeda, perahu menuju tempat wisata. Strategi yang diterapkan tersebut memiliki dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat disekitar pulau pisang baik yang berprofesi sebagai pedagang, nelayan antar jemput, dan penginapan. Dari segi prinsip etika bisnis Islam, terdapat prinsip yang belum sesuai, yaitu pada prinsip ketauhidan dan kebebasan, karena masih ada yang menjual minuman keras dan tidak adanya pengawasan terhadap pedagang dalam menjual minuman keras oleh pengelola wisata.

Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Dampak Ekonomi, Dan Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:42
Last Modified: 13 Feb 2024 03:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9077

Actions (login required)

View Item View Item