Ardiansyah, Muhammad Rizky (2023) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Perbandingan Kelas VII SMPN 10 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi_M._Rizky_Ardi_1901061023 - Rizky Ardiansyah.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Matematika menjadi salah satu pembelajaran yang memiliki peranan penting bagi kehidupan kita, Sesuai dengan permendiknas tentang standar isi mata pelajaran matematika, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh guru matematika SMPN 10 Metro yang menjelaskan bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal pada materi perbandingan masih rendah, sehingga siswa
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan tingkatan yang lebih sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi perbandingan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Adapun subjek yang digunakan adalah siswa kelas kelas VII A dengan 32 siswa di SMPN 10 Metro. Alat pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara
dan Dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Metro dalam menyelesaikan soal pada materi perbandingan memiliki presentasi dalam kategori rendah mencapai 62,50%, Pada
kategori sedang 31,25%, dan pada kategori tinggi 6,25%. Indikator yang paling banyak dikuasai siswa adalah pada indikator 1 dan 2 menyatakan kembali suatu konsep dan mengklasifikasikan objek-objek sesuai sifatnya dengan konsepnya dengan persentase 100%. Sedangkan indikator yang paling sedikit dikuasai siswa adalah pada tahap mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah 25%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 02:14 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 02:14 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9079 |
Actions (login required)
View Item |