Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Permainan Playdough Dalam Mengembangkan Kognitif Di TK Aisyiyah At Tanwir Mulyosari Metro Barat

Rahmadanti, Hanifa (2023) Implementasi Permainan Playdough Dalam Mengembangkan Kognitif Di TK Aisyiyah At Tanwir Mulyosari Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Hanifa Rahmadanti - 1901042004 - PIAUD.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah anak yang berusia 0-6 tahun, Anak usia dini adalah individu yang unik dimana ia memiliki pola pertumbuhan dan perkembangan dalam aspek fisik, kognitif. Dengan menggunakan media playdough anak dapat mengenali dan menghafal warna, memahami intruksi yang guru berikan, mememahami konsep waktu dll. Penelitian ini dilakukan memiliki tujuan mengetahui 1) perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun di TK Aisyiyah at Tanwir Mulyosari. 2) Mengetahui upaya dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-6 tahun melalui permainan playdough di TK Aisyiyah At Tanwir Mulyosari. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis peneliti yang digunakan adalah deskriptif yang berusaha mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perkembagan kognitif pada anak di TK Aisyiyah At Tanwir Mulyosari menggunakan media playdough telah berkembang dengan baik dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Ada beberapa temuan yang sudah di implementasikan oleh guru, yakni : 1) Guru menyiapkan alat & bahan berupa terigu, minyak sayur, air dan baskom 2) Guru memberikan intruksi dan bimbinga kepada anak bagaimana cara membuat adonan playdough. 3) Guru menyesuaikan media pembelajaran sesuai dengan tema dan sub tema . 4) Perkembangan kognitif anak terstimulus dengan adanya media playdough dalam contohnya seperti tema diriku dengan sub tema kesukaanku (ice cream), anak anak diminta membuat makanan kesukaanku (ice cream) kemudian di hias sekreatif mungkin. 5) Guru mengevaluasi proses kegiatan yang dilaksanakan dengan menanyakan bagaimana perasaan mereka saat mengikuti pembelajaran hari ini dan menginfokan kepada anak anak pembelajaran untuk di hari selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan playdough merupakan metode yang efektif dan menyenangkan bagi anak serta dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak. Faktor pendukung merupakan bagian pendukung pembelajaran dapat terlaksananya secara maksimal dalam pembelajaran, yaitu guru mempersiapkan media dan tempat yang akan digunakan saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan tidak lupa juga adanya kolaborasi antara pendidik dengan wali murid.

Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kognitif, Playdough

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:03
Last Modified: 15 Feb 2024 02:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9085

Actions (login required)

View Item View Item