Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Kurangnya Minat Masyarakat Menggunakan Layanan E-Banking Di Desa Bumi Nabung Baru Kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah

Mayasari, Astri (2023) Faktor-Faktor Kurangnya Minat Masyarakat Menggunakan Layanan E-Banking Di Desa Bumi Nabung Baru Kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Astri Mayasari - 1903021012 - PBS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Perbankan kini memudahkan nasabah dalam bertransaksi melalui e-banking. Kelebihan salah satu layanan e-banking yaitu pelayanan akan menjadi cepat dan efektif. Ketika kegunaan dan kemudahan serta faktor resiko dan kepercayaan yang diberikan oleh bank dalam menggunakan e-banking sesuai dengan harapan nasabah maka nasabah akan berminat menggunakan e-banking. Namun sebaliknya, ketika nasabah mempertimbangkan faktor tersebut tidak sesuai, nasabah kurang berminat menggunakan e-banking. Salah satunya yaitu masyarakat Desa Bumi Nabung Baru Kecamatan Bumi Nabung yang kurang minat dalam menggunakan e-banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kurangnya minat masyarakat menggunakan layanan e-banking di Desa Bumi Nabung Baru Kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan pendekatan menggunkan teknik wawancara dan dokumentasi secara langsung dengan masyarakat Dusun III RT 3 dan RT 4 Desa Bumi Nabung Baru Kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor kurangnya minat masyarakat menggunakan layanan e-banking pada masyarakat Dusun III RT 3 dan RT 4 Desa Bumi Nabung Baru Kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal yaitu persepsi, pengetahuan, sikap, keluarga dan kelompok referensi. Sedangkan untuk faktor motivasi, pembelajaran dan budaya tidak berpengaruh terhadap kurangnya minat masyarakat menggunakan layanan e-banking.

Kata Kunci: Minat, E-Banking, Persepsi, Motivasi, Pengetahuan, Sikap, Pembelajaran, Keluarga, Kelompok Referensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:02
Last Modified: 15 Feb 2024 02:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9095

Actions (login required)

View Item View Item