Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan alat peraga siswa kelas V SDN 2 Rama Kelandungan tahun pelajaran 2018/2019

Ardiana Lestari, Frizka (2019) Peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan alat peraga siswa kelas V SDN 2 Rama Kelandungan tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 145.FTIK.2019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Matematika perlu adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan melibatkan siswa secara aktif, sehingga dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa. Pembelajaran yang mengutamakan penguasaan kompetensi berpusat pada siswa akan memberi pelajaran dan pengalaman belajar yang relevan dan konstektual dalam kehidupan nyata. Adapun kaitan antara aktivitas dan hasil belajar siswa dengan alat peraga mata pelajaran matematika yakni bahwa alat peraga sebagai alat pembantu dalam mengajar agar efektif dan menarik perhatian siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas V SDN 2 Rama Kelandungan Tahun Pelajaran 2018/2019?”,”Apakah dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas V SDN 2 Rama Kelandungan Tahun Pelajaran 2018/2019?”? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga papan berpaku kelas V SDN 2 Rama Kelandungan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek yang di teliti yaitu siswa SDN 2 Rama Kelandungan sebanyak 20 siswa, diantaranya siswa laki-laki berjumlah 11 siswa dan perempuan berjumlah 9 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu menggunakantes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan persentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 41,00% dan pada siklus II sebesar 61,11 %. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20,11%. Ketuntasan belajar peserta didik menggalami peningkatan setiap siklusnya ditandai dengan nilai pada siklus I 60,25 dengan presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 50% dan nilai pada siklus II sebesar 72 dengan presentase ketuntasan mampu mencapai 75%. Mengalami peningkatan sebesar 25%. Berdasarkan peningkatan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga papan berpaku dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Rama Kelandungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Oct 2019 01:48
Last Modified: 03 Oct 2019 01:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item