Lutvi, Muhamad Fauzan (2024) Pengaruh Penerapan Metode Tilawati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPA Baitussholihin Kecamatan Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Muhamad Fauzan Lutvi - 1901012021 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Anak merupakan generasi penerus yang harus dididik dengan baik agar bisa menjadi alim dan ahli agama terutama dalam hal membaca Al-Qur’an. Dalam hal Menghadapi permasalahan saat ini yaitu ketidak teraturan siswa selama proses belajar mengajar dan menangani kelancaran mengaji adalah dua masalah besar yang dihadapi guru TPA saat ini. Maka ketika materi yang akan disampaikan agar mudah difahami oleh peserta didik diperlukannya suatu metode yang yang tepat agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Pada kenyataannya metode yang dipakai dari seorang guru seringkali tidak tercapai karena peserta didik sulit memahami apa yang disampaikan oleh gurunya.
Hal ini telah dijumpai pada santri di TPA Baitussholihin metro timur. Kurang tepatnya metode yang digunakan dalam pembelajaran dan juga terlalu monoton menjadikan santri kurang semangat sehingga santri keluar atau droup out sebelum santri bisa mencapai target atau khatam dalam membaca Al-Qur’an. Maka salah satu cara untuk mencari solusi dalam permasalahan ini yaitu dengan menggunakan metode tilawati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Penerapan Metode Tilawati Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA Baitussholihin Metro Timur. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif tujuannnya untuk memperoleh data-data dalam pengerjaan skripsi ini, penulis menggunakan desain ekperimen dan metode tes, observasi dan dokumentasi untuk mendukung dalam penelitian ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistic komparatif, yaitu membandingkan antara kemampuan membaca al-qur’an kelas yang di beri perlakuan dan kelas yang menjadi kelas pembanding baik dari tes awal maupun tes akhir. Jumlah santrinya yaitu sebanyak 54 santri yang terbagi dalam berbagai macam kelas yaitu kelas A yang berjumlah 22 santri dan kelas B yang digunakan sebagai sampel berjumlah 32 santri.
Berdasarkan perhitungan uji “t” kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada tes akhir menunjukkan t hitung lebih besar dari pada t tabel yaitu to= 2,701 sedangkan tt= 1,7 maka artinya terdapat perbedaan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode tilawati terhadap kemampuan membaca Al.Qur’an.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Tilawati
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 01:56 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 01:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9109 |
Actions (login required)
View Item |