Wati, Septiana (2023) Penggunaan Metode Global Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Di SDN 1 Banjarrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SEPTIANA WATI - 2001030032 - PGMI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil kemampuan membaca pada mata pelajaran Bahasa indonesia peserta didik kelas I SDN 1 banjarrejo tahun pelajaran 2023/2024, diketahui bahwa 41% memiliki kemampuan membaca permulaan yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hal ini dikarnakan pendidik belum menemukan metode membaca yang cocok dan masih terdapat beberapa peserta didik yang belum bisa membaca dengan lancar. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran Bahasa indonesia sebanyak 17 peserta didik dengan menerapkan metode global. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pembelajaran dilakukan selama 2 Siklus dengan 6 kali pertemuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah penggunaan metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 1 Banjarrejo?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui penggunaan metode global dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 1 Banjarrejo”.
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa dengan penerapan metode global kemampuan membaca permulaan peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada hasil tes membaca posttest siklus I ketuntasan yang diperoleh yaitu 58,8% sebanyak 10 peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran, sedangkan pada siklus II ketuntasan posttest adalah 76,5% sebanyak 13 peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dengan siklus II yaitu 17,7%.
Adanya peningkatan ini, maka sudah mencapai kriteria keberhasilan, karena Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan rata-rata ketuntasan mencapai ≥75%. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan penggunaan metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik mata pelajaran Bahasa indonesia.
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Metode global, Kemampuan membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 01:56 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 01:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9112 |
Actions (login required)
View Item |