Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Marketing Dalam Meningkatkan Tabungan Haji Pada Bank Muamalat Metro

Sari, Omega (2024) Peran Marketing Dalam Meningkatkan Tabungan Haji Pada Bank Muamalat Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI OMEGA SARI - 1903022016 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Marketing adalah aspek penting dalam bisnis, yang berperan sebagai elemen inti yang bertugas sebagai jendela antara internal perusahaan dengan pihak eksternal. Marketing adalah bagian paling penting dari strategi korporat yang berkontribusi untuk menentukan tujuan yang akan dicapai serta membantu memformulasikan rencana untuk mendapatkan tujuannya. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran marketing dalam meningkatkan tabungan haji pada Bank Muamalat Metro.

Dalam Penelitian ini, jenis penelitin yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), sedangkan sifat penelitian yang peneliti gunakan yaitu deskripsi kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer diperoleh dari yaitu 1 orang bidang manager, 1 orang bidang marketing serta 7 orang nasabah tabungan haji Bank Muamalat Metro. dan sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan skripsi yang berkaitan dengan objek penelitian. Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing sangat berperan dalam meningkatkan tabungan haji di KSPPS Muamalat Indonesia KCP Metro. Dengan menjalankan tugas sesuai standar oprasional prosedur yang ditentukan, tugas tersebut antara lain riset, promosi, dan Marketing. Ditambah strategi marketing sebagai penunjang dalam meningkatkan tabungan yaitu strategi promosi, penyebaran brosur, edukasi, dan periklanan melalui media internet. Jumlah nasabah produk tabungan haji pada tahun 2021 sampai 2022 terkait data nasabah tabungan haji di Bank Muamalat Indonesia KCP Metro mengalami peningkatan. Pada tahun 2021 berjumlah 470 nasabah, pada tahun 2022 berjumlah 673 nasabah, meskipun dalam peningkatannya belum mencapai target pemasaran.

Kata Kunci: Marketing Dalam Islam, Peran Marketing, dan Tabungan Haji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:53
Last Modified: 15 Feb 2024 01:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9121

Actions (login required)

View Item View Item