Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Kota Gajah Dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Melalui Aplikasi Ceria Digital

Afifah, Rizka (2024) Upaya BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Kota Gajah Dalam Meningkatkan Kepuasan Anggota Melalui Aplikasi Ceria Digital. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RIZKA AFIFAH - 1804100090 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kualitas layanan menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan kepuasan anggota ini. Karena berhasil atau tidaknya suatu bisnis perbankan bergantung pada kepuasan anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota Di BMT Assyafiyah Berkah Nasional Kota Gajah Lampung Tengah.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), sedangkan sifat penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer diperoleh dari Kepala Cabang, Customer Service dan Anggota BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Kota Gajah Lampung Tengah. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang berhubungan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan anggota, skripsi yang berkaitan dengan objek penelitian, profil lokasi penelitian. Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data, peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan cara berpikir induktif

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: BMT Assyafiiyah Berkah Nasional berupaya meningkatkan kualitas layanan di masa pasca pandemi seperti ini dengan memberikan pelayanan yang nyaman, baik, cepat tanggap kepada anggota, sarana prasanananya lengkap, dan lokasinya sangat terjangkau. Kualitas layanan tersebut terus ditingkatkan agar para anggota merasa puas sehingga dapat bertahan menjadi anggota tetap di BMT Assyafiiyah Berkah Nasional. Kepuasan Anggota BMT Assyafiiyah Berkah Nasional Kota Gajah Di Masa Pasca Pandemi Covid 19, salah satunya dipengaruhi oleh fasilitas pelayanan ekstra yang diberikan dalam bentuk Aplikasi Ceria Digital, dan juga selalu membagikan masker gratis ke anggota. Aplikasi Ceria Digital memberikan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan melalui handpone yang sesuai kebutuhan para angggota dan keamanannya sangat terjamin sehingga anggota merasa puas dengan adanya aplikasi ceria digital. Banyaknya anggota yang merasa puas terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh BMT Assyafiiyah Berkah Nasional berdampak pada peningkatan jumlah anggota pada tahun 2022 dan 2023.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Pasca Covid-19, Kepuasan Anggota

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:55
Last Modified: 15 Feb 2024 01:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9129

Actions (login required)

View Item View Item