Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu

Rizkiana, Jeni (2023) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI JENI RIZKIANA - 2001070014 - T. IPS.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan sangat penting bagi setiap orang dan dalam lembaga pendidikan pasti terdapat seorang pendidik yang biasanya disebut dengan guru. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan guru yang berkenaan dengan pemahaman terhadap siswa dalam pengelolaan pembelajaran mulai dari merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi. Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru dapat mempengaruhi hasil belajar siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 201 siswa dengan sampel sebanyak 67 siswa yang dipilih acak menggunakan proportional random sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan Angket, Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 8,815 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 atau (0,004 < 0,05) sehingga, (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Nilai Fhitung sebesar 8,815, sedangkan nilai Ftabel 3,99 berarti (8,815 > 3,99) maka, (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Nilai Thitung variabel Kompetensi Pedagogik Guru sebesar 2,969 sedangkan nilai Ttabel dalam lampiran sebesar 1,99714. Sehingga, Thitung > Ttabel (2,969 > 1,99714) maka, (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Kemudian, diperoleh nilai koefisien determinan (R Square) sebesar 0,119 atau sama dengan 11,9 % yang dimana nilai tersebut berada pada kategori sangat rendah. Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 11,9 % berarti, sisanya sebesar 88,1 % dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan pernyataan diatas menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas VIII pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu.

Kata Kunci : Pedagogik Guru, Hasil Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:55
Last Modified: 15 Feb 2024 01:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9131

Actions (login required)

View Item View Item