Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Imopuro Kec. Metro Pusat, Kota Metro)

Latifa, Nurul (2024) Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Imopuro Kec. Metro Pusat, Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURUL LATIFA - 1903021059 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Bank syariah memiliki peran sebagai lembaga intermediary antara orang atau lembaga maupun badan yang mengalami kelebihan dana dengan orang, lembaga ataupun badan yang mengalami kekurangan dana. Persepsi merupakan suatu tindakan, menyusun, mengenali, menafsirkan informasi dan penilaian suatu benda yang di amati dengan indera – indera dengan tingkat pemahaman serta karakter yang dimilikinya. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di Kelurahan Imopuro adalah rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai perbankan syariah terutama pada produk bank syariah, meskipun masyarakat di Kelurahan Imopuro berada di tengah kota yang dimana tempat bank syariah sudah strategis, namun tidak sedikit masyarakat Kelurahan Imopuro yang belum paham mengenai produk-produk bank syariah. Berdasarkan latar belakang yang diuraikan maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana persepsi masyarakat terhadap produk bank syariah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap produk bank syariah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan di Kelurahan Imopuro. Adapun sifat dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari masyarakat sedangkan sumber data sekunder yang peneliti gunakan berupa dokumen Kelurahan Imopuro serta dari berbagai buku-buku. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara. Setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode induktif.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa selama ini persepsi masyarakat di Kelurahan Imopuro Kecamatan Metro Pusat Kota Metro terhadap perbankan syariah masih kurang baik dan bagus. Hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya pelayanan, sosialisasi, dan promosi kepada masyarakat, sehingga persepsi masyarakat masih kurang dalam mengenal produk produk perbankan syariah. Masyarakat di Kelurahan Imopuro Kecamatan Metro Pusat Kota Metro masih menganggap bahwa bank Syariah sama saja dengan bank Konvensional, baik dari segi pelayanan, produk, dan terutama pada suku bunga yang di berikan kepada nasabah.

Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Produk Bank Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:51
Last Modified: 15 Feb 2024 01:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9134

Actions (login required)

View Item View Item