Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Frontliner Dalam Mengoptimalkan Muamalat DIN Pada Bank Muamalat Metro

Balqis, Meilina (2024) Strategi Frontliner Dalam Mengoptimalkan Muamalat DIN Pada Bank Muamalat Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MEILINA BALQIS - 1903020028 - PBS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Transformasi digitalisasi telah merambat diberbagai bidang salah satunya sector perbankan. Dalam menyikapi hal ini Bank Muamalat meluncurkan sebuah fitur layanan berbasis aplikasi Mobile Banking Muamalat DIN. Untuk mengoptimalkan penggunaannya perlu adanya strategi yang digunakan khususnya frontliner. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana strategi frontliner dalam mengoptimalkan penggunaan digitalisasi Islamic Network pada Bank Muamalat Metro. Apakah yang menjadi kendala dan kemudahan yang dirasakan nasabah menggunakan digitalisasi Islamic Network pada Bank Muamalat Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan untuk mengoptimalisasikan penggunaan Digital Islamic Network pada Bank Muamalat Metro, apa kendala dan kemudahan yang dirasakan nasabah menggunakan Digital Islamic Network pada Bank Muamalat Metro.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pihak Bank Muamalat Metro khususnya dibagian Pelayanan atau frontliner 3 orang dan ditambah 3 orang nasabah di Bank Muamalat Metro. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan Teknik triangulasi sumber, yaitu pengumpulan data dari informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mengoptimalkan Digital Islamic Network Bank Muamalat Metro. Pihak Frontliner Bank Muamalat menerapkan strategi layanan dan pemasaran yang didalamnya menerapkan prinsip layanan dan menerapkan bauran pemasaran (marketing mix), dengan cara langsung berkomunikasi dengan nasabah , ATM, Sales call, mobile banking, media cetak, media sosial. Berdasarkan strategi yang sudah dilakukan pihak frontliner bank mestinya ada kendala dan kemudahan. Kendala yang dihadapi adalah sulitnya mengedukasi pihak lansia untuk menggunakan Muamalat DIN dan jaringan yang secara tiba-tiba down kemudian kepada nasabah yang mempunyai banyak rekening tabungan. Sedangkan kemudahan yang dirasakan adalah mengurangi transaksi dikantor, memudahkan mengontrol saldo rekening, serta mempermudah transaksi pembayaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:24
Last Modified: 13 Feb 2024 03:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9135

Actions (login required)

View Item View Item