Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Bahan Baku Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Moromari Yosodadi Metro Timur

Jumadi, Agus (2024) Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Bahan Baku Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Moromari Yosodadi Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AGUS JUMADI - 1903010003 - ESY.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Saat ini bisnis dalam bidang kedai kopi sudah banyak di Indonesia dengan berbagai konsep yang diusung oleh masing-masing gerai. Banyak usaha-usaha sejenis yang bermunculan dengan ciri khas masing-masing. Agar konsumen merasa puas dan tidak berpindah ke tempat lain, maka perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumenya. Keputusan pembelian dapat ditingkatkan melalui brand image dan kualitas bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen secara persial maupun simultan.

Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner terhadap 100 konsumen Kedai Kopi Moromari Yosodadi Metro Timur yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda,dan uji hipotesis, pengolahan data menggunakan program SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 6.666 > ttabel 1,984, pengaruh tersebut sebesar 78%. Kualitas bahan baku berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung 2.473 > ttabel 1,984, pengaruh tersebut sebesar 22%. Secara simultan terdapat pengaruh antara brand image dan kualitas bahan baku terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung 47.975 > Ftabel 3.09, pengaruh tersebut sebesar 49.7%. Sedangkan sisanya, yaitu 50.3% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Brand Image, Kualitas Bahan Baku, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:51
Last Modified: 26 Mar 2024 07:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9137

Actions (login required)

View Item View Item