Latifah, Aniyatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Game Ular Tangga Pada Materi Bilangan Untuk Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANIYATUL LATIFAH - 1901061004 - TMTK.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya hasil belajar peserta didik pada materi bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan hasil pengembangan media ular tangga matematika materi bilangan, 2) mendeskripsikan kevalidan produk ular tangga, 3) mendeskripsikan respons pendidik dan peserta didik mengenai media ular tangga, dan 4) mendeskripsikan keefektivitasan media ular tangga. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan mode 4D yaitu meliputi: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi produk, lembar angket respons, dan soal posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran matematika berupa game ular tangga matematika memperoleh nilai kelayakan dari validator ahli materi dan validator ahli media masing-masing menghasilkan persentase sebesar 86,67% dan 93,33% dengan kategori “sangat valid”, 2) hasil respon peserta didik dan pendidik masing masing mendapat persentase sebesar 94% dan 90% dengan kategori sangat “praktis”. 3) keefektifan media ular tangga matematika diperoleh hasil ketuntasan belajar dengan persentase 80% dengan kriteria “sangat efektif”.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Matematika, Game Ular Tangga
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 01:52 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 01:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9138 |
Actions (login required)
View Item |