Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penetapan Harga Jual Buah Pasar Seputih Raman Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Sari, Lupita Maulana (2024) Penetapan Harga Jual Buah Pasar Seputih Raman Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LUPITA MAULANA SARI - 1903011074 - ESY.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Harga merupakan nilai yang diberikan kepada apa yang dipertukarkan. Harga menjadi tolak ukur konsumen tatkala mengalami kesulitan dalam memilih suatu produk. Dalam Islam penetapan harga terbentuk karena adanya permintaan dan penawaran. Hal ini dapat terjadi apabila penjual dan pembeli saling rela (ikhlas) atas apa yang diperjual belikan. Menetapkan harga, berarti bagaimana mengaitkan produk dengan sasaran pasar yang harus mempelajari kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen. Dalam prinsip Etika Bisnis Islam telah dijelaskan tentang penetapan harga yang sesuai menurut otonomi, keadilan, kejujuran, saling menguntungkan dan integritas moral. Tetapi setelah adanya survey lapangan beberapa pedagang buah yang tidak menetapkan prinsip etika bisnis Islam dalam sebuah usahanya khususnya dalam hal kejujuran dan keadilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme penetapan harga jual pedagang buah di Pasar Seputih Raman perspektif etika bisnis Islam.

Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian lapangan (field research). Yaitu suatu penelitian yang bertujuan mencari data langsung di pasar Seputih Raman mengenai penetapan harga yang dilakukan oleh pedagang buah. Kemudian data tersebut diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi data dengan pedagang buah, dan pengelola pasar. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel purposive sampling, sebanyak 5 pedagang dari jumlah 7 pedagang buah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penetapan harga jual buah yang dilakukan pedagang buah pasar Seputih Raman didasarkan pada harga pembelian, kualitas produk, kuantitas pembelian dan harga persaingan. Metode ini digunakan untuk menarik konsumen yang kemudian akan berdampak pada peningkatan profit dan keberlangsungan usaha. Metode ini pada dasarnya berorientasi pada laba, volume, citra dan persaingan.

Kata kunci: penetapan harga, etika bisnis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:44
Last Modified: 15 Feb 2024 01:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9147

Actions (login required)

View Item View Item