Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BSI Kota Metro

Elistiana, Ela (2024) Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Di BSI Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ELA ELISTIANA - 1704100127 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penduduk di Kota Metro beragamnya profesinya, namun berdasarkan data pekerjaan masyarakatnya banyak yang berprofesi di bidang perdagangan. Untuk saat ini nasabah Bank Syariah Indonesia KC Metro masih didominasi oleh masyarakat yang berprofesi di perkantoran dan wirausaha dan dari pedagang hanya sedikit menjadi nasabah di BSI. Padahal jika dilihat dari profesinya, di Kota Metro ini yang berprofesi pedagang sangat tinggi. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi BSI Kota Metro untuk menggaet nasabah yang berprofesi sebagai pedagang yang masih kurang minatnya menjadi nasabah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan BSI Kota Metro untuk meningkatkan jumlah nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan BSI Kota Metro untuk meningkatkan jumlah nasabah yaitu strategi 4P dan STP. Pada strategi Product, produk yang ditawarkan kebanyakan adalah fasilitas pembiayaan untuk usaha dan barang. Pada strategi Price, setiap produk memiliki perbedaan seperti dari segi harganya yang ditinjau dari pembiayaan dan jangka waktu yang ditentukan. Pada strategi Place, BSI KC Metro terletak di lokasi yang strategis. Pada strategi promotion, dilakukan dengan periklanan. Strategi penetrasi pasar dilakukan dengan cara door to door. Strategi pengembangan dilakukan dengan mengembangkan produk yang inovatif. Strategi diversifikasi dengan memfokuskan tiga varian produk pembiayaan unggulan pada pembiayaan mikro. Jumlah nasabah di BSI KC Metro cenderung fluktuatif. Pada tahun 2020 terjadi penurunan jumlah nasabah dibandingkan dengan tahun 2019, kemudian pada tahun 2021 meningkat lagi namun masih lebih sedikit dari tahun 2019. Setelah Covid-19 mulai mereda, jumlah nasabah mengalami peningkatan cukup signifikan, kemudian pada tahun 2023 kembali mengalami peningkatan, sehingga data terakhir jumlah nasabah di BSI KC Metro berjumlah 1265 per November 2023 .

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jumlah Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:30
Last Modified: 15 Feb 2024 01:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9176

Actions (login required)

View Item View Item