Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Marketing Mix Terhadap Pendapatan Ekonomi Dalam Etika Bisnis Islam Di Babershop Lampung Tengah (Studi Kasus Barbershop Lingkungan 10 Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah)

Prasetian, . (2024) Analisis Marketing Mix Terhadap Pendapatan Ekonomi Dalam Etika Bisnis Islam Di Babershop Lampung Tengah (Studi Kasus Barbershop Lingkungan 10 Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PRASETIAN - 1903011096 -ESY.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan bauran marketing mix 7P (product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence) terhadap usaha barbershop di Lingkungan 10 Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat field research. Sampel dalam penelitian ini yaitu pelaku usaha barbershop di Lingkungan 10 Yukum Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumetasi.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Sultan barbershop dalam penerapan strategi bauran marketing mix 7P dapat dikategorikan cukup baik hal ini disebabkan oleh minimnya pengetahuan dalam menggunakan strategi yang baik untuk bisnis barbershop mereka. Selanjutnya, Apri Baberhome : dalam penerapan strategi bauran marketing mix dapat dikategorikan sangat baik hal ini dapat dilihat berdasarkan data penelitian seperti barbershop ini sudah bisa membangun marketing modern dan sosial media. Hasilya pendapatan barbershop ini paling unggul bila dibandingkan dengan kompetitor barbershop yang lainya. Kemudian, Babershop 215 Lampung dalam penerapan bauran marketing mix barbershop ini dapat dikategorikan baik. Sebab, 215 Babershop menggunakan strategi harga yang murah untuk bersaing dengan kompetitornya.

Berdasarkan dari hasil data penelitian yang sesuai dengan permasalahan penelitian, maka peneliti dapat membuat kesimpulan bahwa penerapan strategi bauran marketing mix (product, price, place, promotion, people, process dan Physical Evidence) dalam Etika Bisnis Islam dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha barbershop dan memperbaiki perbedaan harga usaha barbershop di lingkungan 10 Yukum Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah Lampung Tahun 2023.

Kata Kunci : Marketing Mix, Pendapatan Ekonomi, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:31
Last Modified: 15 Feb 2024 01:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9181

Actions (login required)

View Item View Item