Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Tabungan SimPel Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Metro

Putri, Bernindi Piana (2024) Strategi Promosi Tabungan SimPel Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI BERNINDI PIANA PUTRI - 1903020010 - PBS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia menggunakan Tabungan SimPel yang jenis produk tabungan mandiri yang diperuntukan mulai dari siswa PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA atau sederajat guna mengajarkan anak-anak di Indonesia dapat belajar menabung sejak dini. Pasca peluncuran Tabungan SimPel, Bank Syariah Indonesia terus menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan lainnya untuk mempromosikan produk tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah nasabah Tabungan SimPel di Bank Syariah Indonesia Kota Metro. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi menambah wawasan dan ilmu pengetahuan peneliti, pihak bank, maupun mahasiswa tentang lembaga keuangan syariah serta dapat dijadikan sebagai masukan atau saran yang bermanfaat, bersifat membangun untuk terus meningkatkan jumlah nasabah Bank Syariah Indonesia khususnya pada Bank Syariah Indonesia Cabang Kota Metro.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskripstif kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), sedangkan. Sumber data primer yang digunakan yaitu purpossive sampling Pengumpulan data dilakukan melalui dua teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif dengan tiga orang karyawan Bank Syariah Indonesia cabang Metro serta tiga orang nasabah Tabungan SimPel sebagai pelengkap data-data peneliti berdasarkan data lapangan. Adapun teknik penjamin keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia Cabang Metro dalam meningkatkan jumlah nasabah Tabungan SimPel dengan cara melakukan branding produk Tabungan SimPel, penyebaran brosur, melakukan open booth tiap sekolah yang sedang mengadakan acara. Memberikan persentase ke sekolah-sekolah, sehingga tercipta kerja sama relationship antara pihak bank dengan sekolah

Kata Kunci: Strategi Promosi, Tabungan Simpel, Bank Syariah Indonesia Cabang Metro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:34
Last Modified: 15 Feb 2024 01:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9190

Actions (login required)

View Item View Item