Rifandi, Diago (2023) Pengaruh Penggunaan Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX SMP Negeri 3 Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DIAGO RIFANDI - 1901071013 - T. IPS.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang yang telah di kemukakan di atas, tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai pengaruh dari penggunaan audio-visual terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IX SMP Negeri 3 Raman Utara.
Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX yang berjumlah 40 siswa dengan sampel seluruh siswa kelas IX. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi. Data yang dikumpulkan di analisis dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Data di olah dengan teknis analisi uji regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah di dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (Audio Visual) terhadap variabel Y (Minat belajar). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis data dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dengan hasil nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0.04, yaitu lebih kecil dari nilai probabilitas 0.05 (p = 0.04 < ). Sehingga hipotesis dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media audio visual terhadap minat belajar siswa. Adapun hasil penelitian diperoleh pengaruh media audio visual dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan uji koefisien determinasi dalam nilai R yang hasilnya 44,% dan sisanya yaitu 55,2% adalah di tentukan oleh faktor lainya dengan interpretasi koefisien korelasi sedang.
Berdasarkan uji persamaan regresi sederhana, pengeruh media audio visual terhadap minat belajar siswa sebesar Y‟ = 14.143 + (0.791) X, yang berarti bahwa nilai a = 14.143 memiliki nilai positif yang menunjukan bahwa adanya pengaruh positif media audio visual. Kemudian pada nilai b = 0.791 yang merupakan nilai koefisien regresi media audio visual terhadap minat belajar, yang berarti bahwa apabila media audio visual naik atau mengalami penambahan 1%, maka minat belajar siswa juga akan naik atau bertambah 0.791. hal tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi media audio visual yang di gunakan dalam pembelajaran maka akan semakin tinggi juga minat belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 01:47 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 01:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9191 |
Actions (login required)
View Item |