Sari, Chindi Yuliana (2023) Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI CHINDI YULIANA SARI - 1901061007 - TMTK.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan karrena peserta didik belum memahami materi aritmatika sosial dan kesulitan dalam pembelajaran pokok pembahasan aritmatika sosial, pada proses pembelajaran peserta didik kurang aktif dan enggan bertanya pada saat pembelajaran materi aritmatika sosial sehingga saat diberikan soal oleh guru, peserta didik belum mampu menyelesaikan soal tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, peneliti melakukan pembaruan pada bahan ajar yang digunakan, oleh karena itu peneliti mengembangkan LKPD yang mampu menggiring siswa untuk memecahkan masalah dari materi aritmatika sosial yang relevan dengan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD pada pembelajaran matematika. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan di SMP PGRI 1 Batanghari pada peserta didik kelas VIII yang berjumlah 14 anak, bertujuan untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi guru dan peserta didik, peneliti berharap LKPD berbasis Problem Based Learning dapat memudahkan guru dan mendapatkan inovasi dalam pembelajaran matematika. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development(R&D) model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian dan pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning mendapatkan nilai dari ahli materi 1 yaitu 0,77 kategori sangat valid atau layak dan ahli materi 2 mendapatkan penilaian 0,84 kategorisangat valid atau layak, ahli media mendapatkan nilai 0,98 kategori sangat valid atau layak, nilai respon peserta didik yaitu 41 cukup baik, dan ketuntasan respon peserta didik 64% kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditentukan layak dan valid dari LKPD berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, sedangkan untuk mengetahui pengembangan dan keefektifan LKPD yaitu dari respon peserta didik dan ketuntasan pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini peneliti mendapatkan hasil layak, valid, dapat dikembangkan untuk menjadi bahan ajar berupa LKPD, dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran matematika pokok bahasan aritmatika sosial.
Kata Kunci: Pengembangan, Problem Based Learning, LKPD, dan Aritmatika Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 01:42 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 01:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9192 |
Actions (login required)
View Item |