Delta Afriana, Helvian (2019) Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN 3 Purwodadi Trimurjo Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI 146.FTIK.2019.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Berhasil atau tidak suatu pendidikan salah satunya adalah karena guru. Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan serta hasil belajar anak didiknya. Selain itu, guru dituntut untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk dapat mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan guru harus pandai memilih pendekatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik. Penggunaan pendekatan pengajaran merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Pendekatan dalam proses belajar mengajar merupakan alat untuk mencapai tujuan, perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan syarat terpenting sebelum seseorang menentukan dan memilih metode mengajar yang tepat. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR). PMR pada hakikatnya adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang menggunakan realitas dan lingkungan yang dipahami siswa untuk memperlancar proses pembelajaran matematika sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan matematika secara lebih baik daripada masa yang lalu
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah “Apakah penerapan pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa Kelas III SDN 3 Purwodadi Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019?
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Purwodadi Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu model yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis data ini dihitung dengan menggunakan rumus statistik sederhana.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 3 Purwodadi. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I rata-rata sebesar 44% dan pada siklus II sebesar 81%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 37% artinya hasil belajar siswa yang memenuhi KKM ≥ 65 mencapai 75% di akhir siklus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 01:47 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 01:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/92 |
Actions (login required)
View Item |