Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Persepsi Religiusitas, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Mahasiswa IAIN Metro Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Kredit Shopee Paylater

Chaerani, Cahya (2024) Pengaruh Persepsi Religiusitas, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Mahasiswa IAIN Metro Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Kredit Shopee Paylater. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI CAHYA CHAERANI - 1804101017 - S1 PBS.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenaikan pengguna aplikasi shopee, yang mana hal tersebut secara otomatis mengakibatkan terjadinya kenaikan juga terhadap pengguna layanan Shopee Paylater, serta banyak mahasiswa berlatarbelakang Pendidikan islam yang menggunakan layanan Shopee Paylater tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi religiusitas, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat mahasiswa IAIN Metro terhadap keputusan pembelian menggunakan kredit Shopee Paylater.

Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan statistik deskriptif dan sumber data primer dengan menyebarkan kuesioner yang menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa aktif semester genap IAIN Metro tahun akademik 2022-2023. Teknik purposive sampling digunakan peneliti untuk pengambilan sampel. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden. Data yang sudah didapatkan tersebut, kemudian diolah dengan aplikasi SPPS versi 25.

Hasil penelitian ini pada uji t nilai nilai thitung dengan nilai ttabel = 1,661 pada variabel Persepsi Religiusitas -1,500 ≤ 1,661, yang berarti tidak terdapat pengaruh Persepsi Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Shopee Paylater. Nilai thitung pada variabel Persepsi Kemudahan diperoleh 3,157 ≥ 1,661, yang berarti terdapat pengaruh Persepsi Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Shopee Paylater. Nilai thitung pada variabel Persepsi Manfaat diperoleh 6,584 ≥ 1,661, yang berarti terdapat pengaruh Persepsi Manfaat terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Shopee Paylater. Pada uji F diperoleh hasil bahwa nilai Fhitung sebesar 40,597. Karena nilai Fhitung > Ftabel, 40,597 > 2,703 maka Ho4 ditolak Ha4 diterima artinya terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Persepsi Religiusitas, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Shopee Paylater. Kemudian Uji Koefisien Determinasi (R2 ) didapatkan hasil sebesar 0,550 atau 55% (kuat/tinggi) yang artinya sebesar 55% presentase sumbangan pengaruh variabel Persepsi Religiusitas, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat terhadap Keputusan Pembelian menggunakan Shopee Paylater dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci: Persepsi Religiusitas, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:36
Last Modified: 15 Feb 2024 01:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9206

Actions (login required)

View Item View Item