Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VIII MTs Riyadatul Ulum

Hanafi, Wafiq (2023) Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas VIII MTs Riyadatul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Wafiq Hanafi - 1901071033 - T. IPS.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan seseorang untuk menganalisis suatu gagasan menggunakan penalaran yang logis (masuk akal). Orang yang memiliki kemampuan berpikir kritis mampu memanfaatkan ide ataupun informasi yang diperoleh, sehingga dapat mengevaluasi serta memodifikasi untuk mendapat ide baru yang lebih baik. Berpikir kritis memiliki fungsi sebagai refleksi dan evaluasi terhadap keutusan yang telah diambil.Sedangka n sifat penelitia n dala m proposa l ini adala h kualitatif yaitu data yang dikumpulka n berupa kata-kata, gambar, da n buka n angka-angka. Denga n demikia n lapora n ini berisi kutipan-kutipa n data untu k memberi gambara n penyajia n laporan. Data diperole h dari wawancara, catata n lapangan, foto, dan lainnya. Metode dalam penelitia n ini menggunakan metode kualitatif penelitia n yang menghasilka n prosedur analisis yang tida k menggunaka n prosedur analisis statisti k atau cara kuantifikasi lainnya. Berpikir kritis termasuk dalam berpikir tingkat yang lebih tinggi dalam konteks yang benar. Sehingga sangat perlu diajarkan kepada semua peserta didik, karena berpikir kritis mencakup berbagai skill yaitu, kemampuan menyimak, membaca dengan seksama, menemukan dan menentukan asumsi dasar, dan meyakini apa yang akan dilakukan dengan adanya sebuah dasar penegtahuan yang baik. Berdasarkan penelitian tentang Siswa yang Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis di MTs Riyadlatul ‗Ulum Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur, Lampung, maka peneliti mengambil kesimpulan sebagai berikut. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis siswa MTs Riyadatul Ulum yaitu, dapat dilihat dari hasil wawancara kepada 30 siswa dan siswi yang ada, mampu memberikan penjelasan sederhana suatu masalah atau argumen siswa lain yakni 90%, mampu membangun keterampilan dasar dengan baik yakni 99%, mampu menyimpulkan informasi yang datang yakni 50%, mampu membuat penjelasan lanjut dari siswa lain yakni 50%, mampu memberikan strategi dan taktik dalam memecahkan masalah dan memberikan solusi 30%, dengan terpenuhi aspek-aspek yang telah ada menurut peneliti sendiri siswa dan siswi sudah masuk dalam aspek berfikir kritis.

Kata Kunci : Berfikir Kritis, IPS, Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:30
Last Modified: 15 Feb 2024 01:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9207

Actions (login required)

View Item View Item