Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Marketing Lembaga Keuangan Syariah dalam Menarik Minat Masyarakat (Studi Kasus Pada BMT Assyafiiyah Berkah Nasional KC. Pekalongan)

Darmawan, Ahmad Wahyu (2019) Analisis Strategi Marketing Lembaga Keuangan Syariah dalam Menarik Minat Masyarakat (Studi Kasus Pada BMT Assyafiiyah Berkah Nasional KC. Pekalongan). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
AHMAD WAHYU DARMAWAN 141257510.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi marketing merupakan faktor utama dalam kelangsungan hidup suatu lembaga keuangan karena ini merupakan proses tingkat keberhasilan menjual barang dan jasa yang dipasarkan.Analisis StrategiMarketing Lembaga Keuangan Syariah dalam Menarik Minat Masyarakat menjadi topik yang menarik untuk diteliti, sebab Pada tahun 2015 hingga saat ini ada beberapa lembaga keuangan syariah mengalami penurunan aktifitas bahkan pailit. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti human error, praktisi yang kurang profesional, kondisi ekonomi, dan strategi pemasaran yang digunakan tidak maksimal. Kondisi ini akan berdampak terhadap lembaga keuangan syariah yang masih eksis dan bertahan. Dampak yang terjadi adalah adanya anggota BMT menarik dananya sehingga mengakibatkan penurunan jumlah anggota. Tidak hanya itu, bahkan minat masyarakat untuk bergabung menjadi anggota dan menggunakan produk serta fasilitas layanan yang diberikanpun ikut menurun.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing lembaga keuangan syariah dalam menarik minat masyarakat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala Cabang BMT Assyafiiyah Berkah Nasional KC Pekalongan, sedangkan dokumentasi dilakukan dengan mendokumentasikan dokumen dan literatur yang terkait dengan penelitian.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, strategi marketing yang dilakukan di BMT Assyafiiyah Berkah Nasional KC Pekalongandalam menarik minat masyarakatsecara keseluruhan telah dilakukansesuai dengan indikator yang ada, hanya saja ada beberapa bagian yang belum dilakukan dengan maksimal yakni pada bagian segmentasi masih membidik masyarakat umum, belum menentukan secara spesifik segmen masyarakat yang akan dijadikan target. Lalu pada diferensiasi belum mampu menciptakan sesuatu yang berbeda dari para pesaing, baik itu dari segi produk dan layanan. Selanjutnya dilihat dari segi layanan karyawan yang melakukan layanan jemput bola tidak selalu hadir setiap hari kerja. Yang terakhir kondisi fisik perlu adanya pembaruan.Kata Kunci: Strategi Marketing, Lembaga Keuangan Syari’ah, Minat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:22
Last Modified: 15 Jan 2020 04:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item