Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 1 Adiwarno

Septiana, Ayu Nanda (2024) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 1 Adiwarno. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AYU NANDA SEPTIANA - 1901031016 - PGMI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran dengan memperagakan barang atau alat yang berkaitan dengan materi pembelajaran sebagai media pendukung dalam belajar. Hasil belajar yang rendah pada SD N 1 Adiwarno disebabkan karena peserta kurang aktif dalam pembelajaran menggunkan metode demonstrasi karena guru tidak memberikan ilustrasi yang nyata saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V SD N 1 Adiwarno.

Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan metode pre exsperimental design dengan tipe one grup pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 1 Adiwarno. Sampel dalam penelitian yaitu seluruh siwa kelas V SD N 1 Adiwarno berjumlah 26 peserta didik. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dengan uji hipotesis menggunakan Paired-Samples T Test.

Hasil penelitian mengenai pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar tematik SD N 1 Adiwarno maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh antara metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dibuktikan dengan uji Paired-Samples T Test nilai thitung thitung sebesar 11,973 . Nilai thitung > ttabel (11,973 > 1,710), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara metode demonstrasi terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD N 1 Adiwarno. Hasil nilai N-Gain sebesar 0,800 berada pada kategori tinggi. Maka dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demontrasi dalam meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik tergolong efektif dalam meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik SD N 1 Adiwarno.

Kata Kunci : Metode Demontrasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:52
Last Modified: 21 Feb 2024 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9223

Actions (login required)

View Item View Item