Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru IPS Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Di SMP Negeri 2 Bandar Surabaya

Vernanda, Dea (2024) Peran Guru IPS Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Di SMP Negeri 2 Bandar Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DEA VERNANDA - 1801083006 - T. IPS.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena saat ini masyarakat Indonesia sedang berusaha menerapkan hakikat pendidikan dalam perkembangan zaman. Peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya apabila seseorang tersebut memiliki rasa percaya diri lebih dahulu, sehingga dapat meningkatkan perkembangannya baik dalam dirinya maupun dalam lingkungannya yang dapat membantu dalam pencapaiannya. Rasa percaya diri merupakan suatu keyakinan terhadap segala aspek yang dimiliki dan keyakinan tersebut dapat membuatnnya merasa mampu untuk bisa mencapai dalam berbagai tujuan dalam hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa di SMP Negeri 2 Bandar Surabaya.

Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Selain itu, penelitian ini menggunakan penelitian Populasi adalah keseluruhan dari subjek penelitian, sedangkan sampel adalah sebagian dari populasi tersebut.Sumber data dalam penelitian ini yaitu, Kepala Sekolah, Guru IPS, dan beberapa siswa yang terdiri dari kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian, peran guru IPS dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa di SMP Negeri 2 Bandar Surabaya sebagai berikut: a) sebagai pendidik, guru memberikan motivasi kepada siswa yang dimana tanpa motivasi siswa tidak dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara maksimal, b) guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dimana secara memberikan apresiasi tersebut membuat siswa merasa dihargai pendapatnya, c) mengajak siswa aktif berkomonikasi yang dimana dengan mengajak siswa berkomonikasi mampu membuat siswa lebih percaya diri ketika menjawab pertanyaan guru di depan teman-temannya, d) memberikan tugas atau tanggung jawab yang akan membuat siswa lebih percaya diri dalam menyelesaikan tugas serta mmembuat siswa rajin dalam menjalankan tugasnya.

Kata Kunci : Peran Guru IPS, Rasa Percaya Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:01
Last Modified: 21 Feb 2024 02:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9234

Actions (login required)

View Item View Item