Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Bank Syariah (Studi Kasus Kecamatan Metro Pusat)

Janah, Soviyatul (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Bank Syariah (Studi Kasus Kecamatan Metro Pusat). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SOVIYATUL JANAH - 1903021067 - PBS.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Perbankan syariah di Indonesia untuk terus tumbuh dan berkembang, namun demikian pada kenyataannya potensi kependudukan yang begitu besar ternyata tidak selalu memuluskan pelaksanaan sosialisasi perbankan syariah. Maka masalah utama yang dihadapi pada bank syariah yaitu bagaimana cara menarik minat masyarakat dan mempertahankan masyarakat agar tetap menjadi nasabah di bank syariah untuk membuat bank syariah semakin berkembang dan di minati banyak orang. untuk mewujudkan tujuan dari bank syariah tersebut maka bank syariah harus dapat tahu faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat dalam memilih bank syariah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengetahuan lokasi dan promosi berpengaruh terhadap preferensi masyarakat dalam memilih bank syariah (studi kasus Kecamatan Metro Pusat). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, kemudian dengan teknik pengambilan sampel probability sampling (random sampling). Dan diambil sampel 100 responden. Kemudian data yang dikumpulkan dengan membagikan kuisioner skala likert. Pengujian dengan menggunakan uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik dan hipotesis dan menggunakan bantuan spss 25.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor pengetahuan, lokasi, dan promosi. Kemudian Hasil penelitian secara simultan atau bersama-sama menunjukkan bahwa pengetahuan, lokasi dan promosi berpengaruh dan signifikan terhadap preferensi masyarakat dalam memilih bank syariah. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya t hitung lebih besar dari r tabel yaitu 71,518 > 2.6955343 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil atau di bawah 0,05. Ketiga faktor tersebut memberikan pengaruh sebesar 68,1%. Sedangkan 31,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Pengetahuan, Lokasi, Promosi, Preferensi Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:02
Last Modified: 21 Feb 2024 02:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9237

Actions (login required)

View Item View Item