Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Komunikasi Interpersonal Ustadzah Dalam Penguatan Penghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro

Nurrohmah, Annisa (2024) Implementasi Komunikasi Interpersonal Ustadzah Dalam Penguatan Penghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANNISA NURROHMAH - 1904010003 - KPI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Komunikasi adalah hal mendasar dalam kehidupan manusia, begitupun dalam program hafalan di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an. Santri di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an memiliki tingkat semangat menghafal yang berbeda beda, tidak semua santri dapat menghafal dengan cepat dan semangat dalam program hafalan. Namun, mereka dapat tetap disiplin dan istiqomah dalam program hafalan. Salah satu skill yang harus dimiliki ustadzah untuk kelancaran program hafalan al-qur’an adalah komunikasi interpersonal. Maka dari itu, diharapkan komunikasi interpersonal ustadzah dan santri berjalan baik guna membantu kelancaran dalam program hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi interpersonal yang dilakukan ustadzah dalam penguatan penghafal al-qur’an di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Metro.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah ustadzah dan santri di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Implementasi komunikasi interpersonal ustadzah dalam penguatan penghafal al-qur’an Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an yaitu berjalan dua bentuk komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal yang dilakukan secara langsung menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami. Komunikasi verbal berupa pemberian motivasi dan nasehat sedangkan komunikasi nonverbalnya berupa pemberikan contoh teladan yang baik kepada para penghafal. Komunikasi ini terlaksana cukup baik dengan memperhatikan aspek sikap percaya, sikap suportif, dan keterbukaan. (2) Faktor penghambat komunikasi interpersonal ustadzah dan santri di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an yaitu adanya santri yang melanggar aturan dipesantren dan latarbelakang santri yang berbeda-beda. Sedangkan faktor pendukung komunikasi interpersonalnya yaitu terciptanya kedekatan antara ustadzah dengan santri sejak awal dan ustadzah tinggal berdampingan dengan santri sehingga dapat berhubungan 24 jam di asrama.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan bahwa implementasi komunikasi ustadzah dalam penguatan penghafal al-qur’an di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an peneliti menemukan keberhasilan dalam mendisiplinkan program hafalan yang sebelumnya kurang displin menjadi disiplin dan sebelumnya disiplin menjadi lebih disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:02
Last Modified: 21 Feb 2024 02:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9239

Actions (login required)

View Item View Item