Zalia, Ulfa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Pesisir Barat Pada Materi Animalia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ULFA ZALIA - 1901082010 - T. BIOLOGI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar siswa pada materi Animalia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan tes (Soal Preetest dan Posttest), dokumentasi,wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing materi animalia terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Pesisir Barat dapat disimpulkan bahwa penggunaan model belajaran biologi berbasis inquiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Pesisir Barat terutama pada materi animalia. Hal ini berarti hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Hasil penelitian tentang model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Pesisir barat. Berdasarkan hasil uji t didapatkan melalui SPSS versi 25 diperoleh thitung sebesar 6,744> ttabel 2,032. Artinya signifikansi 2-tailed yaitu 0,000 < 0,05 ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan. Maka kesimpulannya adalah terdapat pengaruh antara hasil belajar sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan uraian di atas artinya Ha diterima atau terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Pesisir barat.
Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, MAN 1 Pesisir Barat, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 01:55 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 01:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9241 |
Actions (login required)
View Item |