Siswiyanti, Ema (2023) Pengembangan Buku Panduan Praktikum Keanekaragaman Hayati Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Untuk Siswa Kelas X SMA. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI EMA SISWIYANTI - 1901081009 - T. BIOLOGI.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan dari latar belakang masalah terkait dengan praktikum biologi tentang keaneragaman hayati yang memerlukan sebuah buku panduan sebab hal ini merupakan sumber penting pada pembelajaran siswa sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan buku panduan praktikum keaneragaman hayati berbasis jelajah alam sekitar (JAS) sebagai media pembelajaran siswa SMA, 2) Untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pembelajaran jelajah alam sekitar, 3) untuk mengetahui responden guru dan peserta didik terhadap media buku panduan praktik keaneragaman hayati berbasis jelajah alam sekitar (JAS) pada pelaksanaan praktikum materi keaneragaman hayati untuk siswa kelas X SMA.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan atau research and development (R&D), dengan mengunakan prosedur pengembangan dan tehnik pengumpulan datanya memakai tehnik wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil 1) media buku panduan praktikum keaneragaman hayati berbasis jelajah alam sekitar (JAS) yang dikembangkan dengan langkah-langkah ADDIE, dan setelah produk dinyatakan layak lalu disusun dan di lakukan validisi materi yang dilakukan sebanyak empat kali dan memperoleh skor rata rata 40 dengan persentase 80% menunjukan kategori sangat baik, dan validasi ahli media yang telah dilakukan sebanyak tiga kali memperoleh skor dengan rata-rata 62 dengan presentase 82,67% menunjukan kategori sangat baik, dari kedua validasi ini bisa dikatakan bahwa buku penduan keaneragaman hayati berbasis jelajah alam sekitar (JAS) dapat dinyatakan sangat baik, dan bisa dikembangkan, 2) dari kategori layak tersebut maka bisa diterima bahwa materi yang terkandung di dalamnya bisa membantu siswa untuk praktikum 3) hasil uji coba di lapangan dengan guru biologi pada produk ini didapatkan skor rata-rata 43 dengan presentase 98,66% hal ini masuk dalam kategori sangat baik, dan hasil dari tanggapan siswa di kelas X mendapatkan skor 44,7% dengan presentase 89,4 % hal ini menunjukan bahwa media buku yang dikembangkan oleh peneliti termasuk ke dalam kategori sangat baik dan bisa digunakan oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Way Serdang. Dari sini peneliti mengambil kesimpulan bahwa media dan metode pembelajaran yang dilakukan di SMA Negeri 1 Way Serdang masih kurang untuk mencapai tujuan pembelajaran biologi sehingga peneliti dalam kegiatan ini berupaya untuk mengembangkan media dan metode pembelajaran yang baru kepada peserta didik yaitu media pembelajaran berupa buku panduan praktikum keanekaragaman hayati berbasis jelajah alam sekitar (JAS), yang nantinya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi guru biologi yang ada di SMA Negeri 1 Way Serdang dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran biologi.
Kata Kunci: Panduan praktikum, keanekaragaman hayati, Jelajah Alam Sekitar, SMA, pengembangan buku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 02:13 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 02:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9242 |
Actions (login required)
View Item |