Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Pembelajaran Game Domino Edukasi (DOMEDU) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 2 Sekampung

Fajrian, Raha Dani (2024) Penggunaan Media Pembelajaran Game Domino Edukasi (DOMEDU) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 2 Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Raha Dani Fajrian -1901080018 - T. BIOLOGI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X IPA 1 di SMA Negeri 2 Sekampung. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Merespon hal tersebut, peneliti menggunakan media pembelajaran game domino edukasi untuk menarik minat belajar siswa sehinggga terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X IPA 1 di SMA Negeri 2 Sekampung.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari aspek perencanaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan pretest dan posttest untuk hasil belajar ranah kognitif, lembar penilaian sikap untuk hasil belajar afektif, dan lembar penilaian keterampilan untuk hasil belajar psikomotor, lembar observasi serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti observasi, aktivitas guru dan siswa, dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif pada siklus I yaitu sebesar 60,28% dengan persentase ketuntasan 34,29%. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 76,57% dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 85,71%. Hasil belajar siswa ranah afektif pada siklus 1 rata-rata seluruh indikator memperoleh nilai sebesar 56,78% dan siklus II meningkat sebesar 71,25%. Pada hasil belajar siswa ranah afektif terjadi peningkatan sebesar 14,47%. Kemudian ranah psikomotor rata-rata seluruh indikator pada siklus I sebesar 47,28% dan siklus II meningkat menjadi 69,59%. Pada hasil belajar siswa ranah psikomotor terjadi peningkatan sebesar 22,31%. Berdasarkan peningkatan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media pembelajaran game domino edukasi (DOMEDU) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati kelas X IPA 1 di SMA Negeri 2 Sekampung.

Kata Kunci : Domino Edukasi,Penelitian Tindakan Kelas, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:59
Last Modified: 21 Feb 2024 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9249

Actions (login required)

View Item View Item