Cahyono, Nur (2019) Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sukajaya Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI NUR CAHYONO NPM.1501050088 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar adalah hasil dari interaksi tindak belajar peserta didik dan tindak pengajaran yang dilakukan oleh pendidik, tindak pengajaran diakhiri dengan proses evaluasi, sedang tindak belajar merupakan puncak dari proses belajar dengan meningkatnya kemampuan peserta didik. Hasil belajar merupakan hasil penilaian pendidik terhadap peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran, dimana hasil belajar peserta didik ini dapat dipengaruhi dengan beberapa faktor, diantaranya adalah motivasi belajar.
Motivasi merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar serta memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki siswa tercapai. Motivasi yang menyebabkan siswa melakukan kegiatan belajar dapat timbul dari dirinya sendiri maupun dari luar darinya. Hasil belajar SDN 2 Sukajaya kelas IV dari 25 peserta didik hanya 6 peserta didik yang melampaui kkm, dan 19 peserta didik yang nilainya dibawah kkm.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD N 2 Sukajaya dan seberapa besar hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa mata palajaran matematika kelas IV SD N 2 Sukajaya?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika untuk kelas IV SD N 2 Sukajaya.
Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan sampel 25 siswa kelas IV metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil analisis, data yang diperoleh menggunakan koefisien korelasi rhitung sebesar 0,694 sedangkan rtabel taraf signifikan 5% sebesar 0,413, ternayata rhitung lebih besar dari rtabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maka kesimpulannya Ada hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD N 2 Sukajaya dan seberapa besar hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa mata palajaran matematika kelas IV SD N 2 Sukajaya Tahun Pelajaran 2019/20120.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 06:07 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 06:07 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/925 |
Actions (login required)
View Item |