Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMA Negeri 6 Metro

Fitria, Irma (2024) Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMA Negeri 6 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Irma Fitria - 1901011080 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Membaca Al-Qur’an yang di lakukan sebelum pembejaran setiap hari selasa- jum’at yang di damping oleh guru mata pelajaran pertama dengan waktu kurang lebih selama 15 menit dari pukul 07.15-07.30 WIB, surat yang dibaca dari surat-surat pendek dan di setiap kelas di sediakan Al-Qur’an. saat siswa membaca Al-Qur’an ada siswa yang tidak bisa membaca Al-Qur’an sehingga permasalahan dalam membaca Al-Qur’an yaitu siswa masih ada yang belum bisa membaca dengan alasan tidak pernah belajar mengaji dari dini, tidak rutin dalam membaca Al-Qur’an, malas membaca Al-Qur’an, siswa terlambat masuk kelas saat kegiatan membaca Al-Qur’an, serta kurangnya waktu untuk belajar di kelas sehingga guru menambah jam diluar pembelajaran seperti mengadakan privat agar siswa benar-benar lancar dalam membaca Al-Qur’an. Melihat upaya yang dilakukan guru untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa belum memberikan perubahan terhadap siswa dalam membaca Al-Qur’an.

Hal ini telah dilihat pada peserta didik kelas XII SMA Negeri 6 Metro. Rendahnya membaca Al- Qur’an pada peserta didik hal ini dikarenakan dalam membaca Al-Qur’an masih ada yang belum bisa membaca dengan lancar. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual Siswa di SMA Negeri 6 Metro. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas XII di SMA Negeri 6 Metro. Manfaat teoritis yang diharapkan untuk mengkaji teori-teori dan mengembangkan kemampuan siswa, menambah informasi bagi peneliti atau pembaca yang akan mengkaji mengenai intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan data-data dalam skripsi ini, penulis menggunakan metode angket dan dokumentasi dengan sampel 30 peserta didik dari jumlah keseluruhan populasi yaitu 122 subjek dari kelas XII, adapun cara pengolahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan product moment.

Berdasarkan table interpretasi “r” product moment menyatakan bahwa nilai atau nilai yang sebesar 0,603 lebih besar dari pada untuk taraf signifikansi 5% adalah 0,3610 maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual.

Kata kunci : Intensitas Membaca Al-Qur’an, Kecerdasan Spiritual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:00
Last Modified: 21 Feb 2024 02:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9255

Actions (login required)

View Item View Item