Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Metro

Cahyanti, Putri Nur (2024) Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PUTRI NUR CAHYANTI - 2001070022 - T. IPS.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan data hasil pra-survey, ditemukan beberapa permasalahan terkait penggunaan metode yang digunakan oleh guru, yaitu metode ceramah. Pada pembelajaran IPS yang berlangsung masih banyak siswa yang kurang aktif dan tidak memperhatikan penjelasan guru sehingga kurang adanya respon dan kurang interaksi secara timbal balik antara pendidik dan siswa terhadap materi yang diajarkan. Hal ini dilihat siswa lebih suka mengobrol dengan teman, melamun dan tidak berkonsentrasi, ada pula yang mencoret-coret buku catatan. Siswa cenderung melakukan aktivitas lain seperti bermain dengan teman dan apabila ditanya hanya diam. Selain itu masih rendahnya hasil nilai ulangan harian yang diperoleh siswa. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode card sort, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan metode card sort terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Metro.

Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Group Pretest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro. Bentuk pengambilan sampel dengan Nonprobability Sampling menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas Eksperimen kelas VIII.2 dan kelas Kontrol yaitu kelas VIII.1. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan statistic deskriptif dan uji-t (Independent Sample T-Test) dengan bantuan SPSS 22.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan metode card sort terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Metro. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata tes akhir pada kelas eksperimen sebesar 83 Sedangkan perolehan nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol sebesar 77. Adapun uji-t dilihat dari hasil hasil Independent Sampel Test bahwa nilai pada kolom Equal Variance Assumed hasil nilai t-hitung = 2.949 dengan nilai Sig (2- tailed) 0.005. Untuk mengetahui nilai distribusi t-tabel dilihat dari berdasarkan df =59 dengan taraf signifikan α = 0,05 adalah 2,001. Oleh Karena itu nilai t-hitung > t-tabel(2.949 > 2,001) Ho ditolak Ha diterima. Artinya hipotesis menyatakan Terdapat Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Metro.

Kata kunci : Metode card sort, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:57
Last Modified: 21 Feb 2024 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9263

Actions (login required)

View Item View Item