Nuraini, Elsy Hikmah (2024) Pengaruh Keterampilan Guru Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa SMP Negeri 1 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Elsy Hikmah Nuraini - 1901011054 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, bahkan tidak bisa terlepas dari komunitas manusia. Melalui pendidikan, akan menambah pengetahuan, keterampilan, kualitas, dan membentuk kepribadian baik manusia. Dalam pendidikan tidak terlepas dari proses pembelajaran, dan peran seorang pendidik. Seorang pendidik dituntut untuk memiliki keterampilan, dan dapat membantu siswa mencapai tujuan belajar, memotivasi belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi guru pernah terdapat kendala mengelola kelas, seperti siswa ada yang ribut, saat pembelajaran ada yang kurang fokus, disiplin, sudah dijelaskan ada yang kurang memahami, terpaksa, dan hasil belajar siswa ada yang kurang dan perlu bimbingan, maka dari itu guru harus menguasai keterampilan mengelola kelas dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh keterampilan guru mengelola kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMP Negeri 1 Batanghari? Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengelola kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMP Negeri 1 Batanghari.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat korelasi, teknik pengumpul data melalui angket, yang merupakan metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data mengenai keterampilan guru mengelola kelas. Metode dokumentasi, penulis gunakan untuk memperoleh data nilai penilaian akhir semester genap, dan data sekolah. Anggota populasi penelitian ini kelas VII sebanyak 249 siswa, selanjutnya diambil sampel 20% yaitu 50 siswa, dengan teknik sampling cluster sampling, dan teknik analisis data dengan rumus person product moment, kemudian pengujian hipotesisnya dengan uji t.
Hasil penelitian setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus korelasi person product moment diperoleh nilai korelasi sebesar -0,280 dengan sig.2-tailed 0,49 ttabel 2787. Dalam hal ini, apabila (-) thitung -3.135 < (-) ttabel -2787, dan nilai sig.2-tailed yaitu 0,003 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara keterampilan guru mengelola kelas terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa.
Kata Kunci: Keterampilan Guru Mengelola Kelas, Hasil Belajar, dan Hipotesis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 01:57 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 01:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9265 |
Actions (login required)
View Item |