Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro

Sagita, Nurlia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURLIA SAGITA - 1801040021 - TMTK.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar VIII SMP Negeri 6 METRO Tahun Ajaran 2022/2023.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 METRO yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan clusterrandom sampling. Dengan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan instrument sebanyak 5 butir soal. Data tes yang terkumpul dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U.

Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) untuk uji dua sisi adalah 0,615 > 0,05, sehingga H0 diterima. Terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 METRO.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Konvensional, Hasil Belajar Matematika Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:59
Last Modified: 21 Feb 2024 08:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9272

Actions (login required)

View Item View Item