Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Al-Quran Hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs-SA) Darun Nasyi’in Bumi Jawa Lampung Timur

Nurjanah, . (2024) Upaya Guru Al-Quran Hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs-SA) Darun Nasyi’in Bumi Jawa Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Nurjanah - 1901011125 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kesulitan membaca Al-Quran pada peserta didik biasannya akan tambak jelas. Dengan munculnya perilaku yang tidak biasa. Maka Upaya Guru Al- Quran hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs SA) Darun Nasyi‟in Bumi Jawa Lampung timur, sangat dibutuhkan dalam mengatasi kesulitan siswa.

Berdasarkan permasalahan diatas maka pertanyaan penelitian yaitu: Bagaimana upaya guru Al-Quran hadist dalam mengatasi kesulitan Siswa membaca Al-Quran ?, Kesulitan apa yang di alami siswa dalam membaca Al-Quran ?, dan Apa faktor pendukung dan penghambat guru Al-Quran hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui upaya guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran?, untuk mengetahui kesulitan apa yang dialami siswa dalam membaca Al-Quran, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al Quran. Jenis Penelitian ini adalah penelitian field research. Sifat Penelitian bersifat deskriptif. Penulisan ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Sedangkan Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data,data display dan kesimpulan (conclusion Drawing/verification.

Berdasarkan Hasil Penelitian dan Analisis data diketahi bahwa upaya guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran adalah dengan melakukan Pembiasaan Tadarus Al-Quran, Membangkitkan Minat Siswa Dalam Membaca, memberikan dorongan dan motivasi, Pemilihan dan Pengembangan Metode Pembelajara dan Memberikan Teladan Yang Baik. Bentuk kesulitan membaca Al-Quran seperti: Kesulitan dalam mengucapkan makhorijul huruf,kesulitan menerapkan hukum bacaan tajwid, kesulitan membaca huruf yang bersambubg dan kesulitan mengenal tanda baca. Faktor pendukung upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran adanya bimbingan membaca Al-Quran setiap pagi, fasilitas sarana dan prasarana yang menunjang. Adapun faktor penghambat guru dalam upaya mengatasi kesulitan siswa diantaranya: Rendahnya minat siswa dan juga faktor keluarga.

Kata kunci: Upaya guru, Mengatasi Kesulitan membaca Al-Quran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:35
Last Modified: 28 Feb 2024 02:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9276

Actions (login required)

View Item View Item