Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Problematika Penggunaan Media Film Dokumenter Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX Di MTs Darul A’mal Metro

Kurniawati, Aris (2024) Problematika Penggunaan Media Film Dokumenter Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IX Di MTs Darul A’mal Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ARIS KURNIAWATI - 1901010010 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu alat yang digunakan guru untuk mempermudah proses belajar mengajar disekolah, terutama media film dokumenter sebagai fasilitas media pembelajaran disekolah. Namun, masih ada beberapa guru yang masih belum atau tidak menggunakan Media film dokumenter sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran yakni karena guru yang merasa kesulitan dalam menggunakan media film tersebu t atau bisa disebut kurang kompeten dalam menggunakan media tersebut dan media pembelajaran yang terbatas.

Tujuan penelitian ini akan mengungkap: Problematika Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Pembelajaran SKI kelas IX Di MTs Darul A’mal dan Mendeskripsikan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi Problematika Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Pembelajaran SKI kelas IX Di MTs Darul A’mal.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah salah satu guru SKI MTs Darul A’mal Metro dan salah satu siswa dan siswi kelas IX Di MTs Darul A’mal Metro. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi.

Hasil Penelitian menunjukkan yang menjadi problematika penggunaan media film dokumenter di MTs Darul A’mal Metro meliputi kurangnya ketersediaan perangkat media yang mendukung, Kurangnya pengetahuan guru terhadap teknologi, Guru kesulitan mengatur waktu pada saat proses pembelajaran dan Problematika lainnya yang berhubungan dengan penggunaan media film dokumenter adalah dalam hal sikap peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika yang terjadi ketika menggunakan media film dokumenter adalah yang pertama dimulai dari pihak sekolah dan orang tua (komite sekolah) bekerja sama untuk mendapatkan dana dari berbagai sumber untuk kebutuhan sarana dan prasarana sekolah, masyarakat dan pemerintah yang kemudian diprogramkan untuk melengkapi keterbatasan media pembelajaran, Guru dapat belajar menguasai dulu komponen yang akan digunakan, Guru bisa memperkirakan lama waktu yang digunakan serta mencari film dokumenter yang sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia, pada awal pembelajaran atau pada saat sebelum memutar film dokumenter guru perlu memberikan arahan dan perjanjian atau kesepakatan kepada siswa agar siswa tidak gaduh nantinya saat film dokumenter tersebut mulai diputar.

Kata kunci: Problematika, Penggunaan, Media film dokumenter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:36
Last Modified: 28 Feb 2024 02:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9280

Actions (login required)

View Item View Item