Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Di TK Miftahul Tholibin Papan Batu Sukadana Jaya

Sari, Dwi Nur Indah (2023) Peran Guru Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Di TK Miftahul Tholibin Papan Batu Sukadana Jaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DWI NUR INDAH SARI - 1801031006 - PIAUD.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan anak usia dini merupakan proses kemajuan yang dialami setiap anak dan terus menuju kearah lebih kompleks, baik dari segi fisik maupun sosial emosional. Perkembangan sosial emosional merupakan sebuah kritis dalam proses perkembangan anak yang terbentuk melalui perkembangan yang didapat dalam suatu proses belajar baik dari lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, maupun lingkungan sekolah. Berkembang atau tidaknya sosial emosional anak dapat dilihat dari bagaimana kemampuan anak dalam mengendalikan dirinya atas orang lain maupun dirinya sendiri. Perkembangan sosial emosional merupakan sebuah modal untuk hidup dimasyarakat. Dalam mengembangkan sosial emosional anak, guru memiliki peran yang sangat penting mengembangkan sosial emosional anak di sekolah. Oleh karna itu seorang guru perlu dengan cermat dalam memberikan peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak dengan maksimal dengan berbagai metode maupun media pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak di RA Miftahul Tholibin Papan Batu Sukadana Jaya.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan, yang dilakukan di RA Miftahul Tholibin Papan Batu Sukadana Jaya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sember data skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan sosial emosional anak di RA Miftahul Tholibin Papan Batu Sukadana Jaya guru berperan sebagai pendidik, model dan teladan, fasilitator, motifator, dan evaluator guna mengembangkan sosial emosional anak agar dapat berkembang maksimal.

Kata kunci : peran guru, perkembangan sosial emosional, anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:58
Last Modified: 21 Feb 2024 08:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9286

Actions (login required)

View Item View Item