Lestari, Kanti Damai (2023) Penerapan Metode Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa-Siswi SMK Al-Asror Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI KANTI DAMAI LESTARI - 1901011084 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Membaca Al-Qur’an bagi umat muslim merupakan ibadah kepada Allah SWT. Membaca Al-Qur’an memang tidak mengutamakan pada penyerapan dan pemahaman melaui transfer informasi semata, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan. Untuk itu guru di SMK Al-Asror Sekampung Lampungtimur memberikan upaya kepada siswa-siswi agar dapat selalu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an salah satunya yaitu dengan penerapan metode tartil ini. Metode tartil adalah cara membaca Al-Qur’an dengan cara pelan dan perlahan serta mengucapkan huruf-huruf dari mahrajnya dengan tepat. Membaca pelan dan tepat maka dapat terdengar dengan jelas masing-masing hurufnya dan tajwidnya.
Berdasarkan permasalahan di atas pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa-siswi SMK Al-Asror Sekampung Lampung Timur. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa-siswi SMK Al-Asror Sekampung Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpul data dengan wawancara, tes, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru PAI. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tartil ini adalah sebuah upaya yang dilakukan guru. Sebelum menggunakan metode tartil ini guru menerapkan metode iqra’ dalam membantu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa-siswi. Namun banyaknya kendala selama proses belajar maka guru berinisiatif untuk mengubah metode agar kemampuan siswa ini dapat meningkat yaitu dengan menggunakan metode tartil. Setelah menggunakan metode tartil ini dapat terlihat perbedaan pada siswa dalam hal membaca yaitu adanya peningkatan dalam membaca Al-Qur’an walaupun belum maksimal guru terus melakukan upaya tersebut agar siswa dapat membaca dengan baik.
Kata Kunci : Penerapan Metode Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 08:59 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 08:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9290 |
Actions (login required)
View Item |