Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Alternatif Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di Sekolah (Studi Kasus MTs Ma’arif 1 Punggur)

Hamim, Zahroh Fitria (2023) Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Alternatif Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di Sekolah (Studi Kasus MTs Ma’arif 1 Punggur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ZAHROH FITRIA HAMIM - 2001011113 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Fenomena krisis akhlak yang terjadi saat ini sudah mencapai tahap yang sangat menghawatirkan. Salah satu bentuk krisis akhlak tersebut adalah kenakalan pada remaja. Remaja sendiri diartikan sebagai tahap peralihan antara masa kanak kanak dengan masa tumbuh dewasa baik secara fisik, akal, kejiawaan, sosial, dan emosional. Pembentukan akhlak yang baik sudah seharusnya di terapkan sejak usia dini hingga dewasa. Salah satunya dengan pembelajaran akidah akhlak. Dalam pendidikan islam, pembelajaran akidah merupakan hal yang paling penting dalam membentuk sikap, tingkah laku dan jati diri seorang anak. Obyek penelitian ini di MTs Maarif 1 Punggur. Berdasarkan perihal tersebut, maka penulis merumuskan masalahnya dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pembelajaran Akidah Akhlak dapat menjadi alternatif dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Ma’arif 1 Punggur?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran akidah akhlak sebagai alternatif dalam mengatasi kenakalan remaja di MTs Ma’arif 1 Punggur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer ialah guru Akidah Akhlak MTs Ma’arif 1 Punggur sedangkan data sekunder ialah Kepala Madrasah, guru BK dan siswa MTs Ma’arif 1 Punggur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik penjamin keabsahan data penelitian ini yaitu dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan teknik data kualitatif, yaitu dengan menggunakan tahapan reduction, display dan conclusion.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Ma’arif 1 Punggur sudah dilaksanakan secara tepat dengan menggunakan metode yang tidak monoton. Secara keseluruhan penyampaian materi maupun kegiatan-kegiatan yang termuat dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif 1 Punggur memberikan dampak kepada diri siswa untuk selalu memahami dan melakukan perbuatan baik. Sehingga pembelajaran akidah akhlak sangat sesuai untuk dijadikan sebagai alternatif dalam mengatasi permasalahan kenakalan remaja di sekolah.

Kata kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Kenakalan Remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:38
Last Modified: 28 Feb 2024 02:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9300

Actions (login required)

View Item View Item