Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Santri Di TPA Nurul Iman Way Empulau Ulu, Balik Bukit

Amanda, Fitri (2023) Penerapan Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Santri Di TPA Nurul Iman Way Empulau Ulu, Balik Bukit. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FITRI AMANDA - 1901010026 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah sumber hukum dan petunjuk utama bagi umat Islam. Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar adalah suatu keharusan. Dalam belajar Al-Qur’an tentu kita membutuhkan sebuah metode yang jelas. Metode dalam belajar membaca Al-Qur’an yang ada dimasyarakat sangatlah beragam, contohnya metode iqro, metode ummi, metode qiroati, metode tartil dan lain sebagainnya. Penelitian ini fokus kepada metode iqro’. Metode iqro’ sendiri adalah sebuah metode cara membaca Al-Qur’an dengan penekanan pada latihan membaca secara langsung dimulai dari tingkatan sederhana kemudian tahap yang lebih kompleks yang terdiri dari 6 jilid. Bagaimana penerapan metode iqro’ dapat berdampak memberikan perbaikan dalam membaca Al-Qur’an tentu perlu untuk kita kaji. Berdasarkan uraian ini penulis merumuskan permasalahan bagaimana Penerapan Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Santri di TPA Nurul Iman Way Empulau Ulu, Balik Bukit?. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Santri di TPA Nurul Iman Way Empulau Ulu, Balik Bukit.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah ustadz dan santri yang ada di TPA Nurul Iman. Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari data reduction, data display dan verification.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Santri di TPA Nurul Iman Way Empulau Ulu, Balik Bukit belum maksimal. Hal ini didasarkan pada pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di TPA Nurul Iman belum sesuai dengan panduan penerapan metode iqro’. Penerapan metode iqro’ yang ada di TPA Nurul Iman yaitu sistem privat dimana ustadz sebagai penyimak dan membenarkan jika ada bacaan santri yang salah. Namun penggunaa sistem privat ini jarang dilakukan dan sebagian besar proses pembelajaran dilakukan dengan cara mendikte, sehingga ini tidak sesuai dengan metode iqro’. Belum maksimalnya penerapan metode iqro’ karena adanya kendala dalam upaya menerapkan metode iqro’. Kendala yang dihadapi di TPA Nurul Iman dalam menerapkan metode iqro’ yaitu perbedaan karakter yang dimiliki oleh santri, waktu pembelajaran yang singkat, dan kurangnya pemahaman ustadz terkait panduan penerapan metode iqro’.

Kata Kunci: Metode Iqro’, Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:38
Last Modified: 28 Feb 2024 02:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9301

Actions (login required)

View Item View Item