Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis

Anggraini, Defi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Defi Anggraini - 2001060003 - Tadris Matematika.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Guru dalam menyampaikan materi pelajaran matematika masih menggunakan buku cetak, LKS dan belum menggunakan media pembelajaran. selain itu, peserta didik masih merasa sulit memahami materi pelajaran matematika. Sebagian besar peserta didik menganggap matematika pelajaran yang sulit dan membosankan. Sehingga diperlukannya pembelajaran yang menarik dan lebih kreasi dengan bantuan media pembelajaran. kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih terbilang kurang, karena pada kenyataannya peserta didik belum mampu menyelesaikan indikator secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) mengembangkan media pembelajaran articulate storyline 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis; (2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran articulate storyline 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis; (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran articulate storyline 3 dengan pendekatan realistik unuk meningkatkan komunikasi matematis.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Lokasi penelitian ini di SMP N 1 Punggur. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 orang peserta didik kelas VII di SMP N 1 Punggur. Materi yang dikembangkan adalah materi aljabar.

Hasil pengembangan dengan menggunakan 4-D menunjukkan bahwa hasil validasi media mendapatkan persentase 84% dengan kriteria “sangat valid”, validasi ahli materi mendapatkan persentase 89% dengan kriteria “sangat valid”. Selanjutnya hasil respon peserta didik mendapatkan persentase 84% dengan kriteria “sangat praktis”, sedangkan untuk tes keefektifan media pembelajaran articulate storyline 3 diperoleh hasil ketuntasan belajar sebesar 79% dengan kriteria “efektif”. berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran articulate storyline 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Pendekatan Realistik, Komunikasi Matematis, Pengembangan Media Articulate storyline 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:40
Last Modified: 28 Feb 2024 02:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9304

Actions (login required)

View Item View Item