Juwanita, Resti (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD N 1 Bumiayu Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI RESTI JUWANITA - resti juwanita.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian inidilatarbelakangi oleh adanya beberapa kendala proses pembelajaran IPA antara lain proses pembelajaran IPA masih menerapkan pembelajaran yang klasikal (Teacher Centered), strategi pembelajarankurang menarik, kurang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga strategi yang digunakan masih kurang tepat. Masih rendahnya pemahaman siswa pada materi IPA dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikanpengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN 1 Bumi Ayu.Jenis penelitianyang digunakan yaitupenelitian Quasi Eksperimental denganTheNonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pada penelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 45 siswa dengan penjabaran 25 siswasebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran inkuiri, sedangkan kelas kontrol berjumlah 20 siswamenerapkan model pembelajarankonvensional. Teknik pengumpulandata untuk pemahaman konsep IPAberupa pretestdan posttestkemudian dianalisis dengan uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil uji-t pretestdiperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,159 > 0,05 yang berarti bahwa Ho diterima, sedangkan posttest diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,040 > 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antarapemahaman konsep siswa kelas ekperimen dan siswa kelas kontrol.
Berdasarkan uji perbedaan nilai prestest kedua kelas tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Sedangkan untuk uji N-Gain TernormalisasiPada kelas eksperimen diperolehkategori N-Gain sedangberjumlah 13 siswa, 2 siswa dengan kategori tetap, 2 siswa dengan kategori tinggi dan 8 siswa dengan kategori rendah, dengan rata-rata nilai N-Gain 0,38 pada kategori “sedang”. Pada kelas kontrol diperoleh kategori N-Gain 2 siswa dengan kategori tetap, 9 siswa dengan kategori sedang, dan 9 siswa dengan kategorirendah, dengan rata-rata nilai N-Gain 0,29 dengan kategori “rendah”. Artinyabahwa pemahaman konsep kelompok eksperimen dikategorikan sedang dan kontrol dikategorikan rendah.Jadipembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA siswa SDN 1 Bumi Ayu Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata kunci : Inkuiri, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 06:45 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 06:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/931 |
Actions (login required)
View Item |