Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Media Plastisin Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di TK Pertiwi Kota Metro

Djohan, . (2023) Implementasi Media Plastisin Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Di TK Pertiwi Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Djohan - 1901040007 - PIAUD.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Media plastisin merupakan suatu media yang terbuat dari tepung, minyak, garam, pewarna makanan dan air sehingga sangat mudah digunakan karena plastisin ialah barang yang dapat diremas-remas, dipipihkan, ditarik tarik, ditekan-tekan, gulung-gulung dan bisa dibentuk sesuai dengan imajinasi dan keinginan anak. Penerapan pembelajaran media plastisin dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Perkembangan motorik halus peserta didik di TK Pertiwi Kota Metro sudah mulai berkembang baik sesuai dengan penggunaan media plastisin yang diterapkan. Namun ada juga dijumpai beberapa peserta didik yang mengalami masalah perkembangan motorik halusnya seperti jijik atau geli untuk memegang media plastisin.

Pertanyaan penelitian pada skripsi ini adalah apa saja hambatan pada implementasi media plastisin di TK Pertiwi Kota Metro? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media plastisin dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak di TK Pertiwi Kota Metro dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung implementasi media plastisin dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak di TK Pertiwi Kota Metro. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan yang mengambil lokasi di TK Pertiwi Kota Metro. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data mengguanakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis mengguanakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.

Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi media plastisin dalam mengembangkan kemampuan motorik halus di TK Pertiwi Kota Metro yaitu memberikan stimulasi kepada peserta didik bahwasannya media plastisin tidak berbahaya jika dipegang dan apabila tangan kotor sesudah memegang plastisin guru bisa mengajak anak untuk cuci tangan dengan air mengalir dan sabun agar bersih. Sehingga dapat membuat peserta didik mampu mengenali bahkan berani memegang media plastisin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:24
Last Modified: 06 Mar 2024 04:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9312

Actions (login required)

View Item View Item