Hakiki, Muhammad Dian (2024) Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Muhammad Dian Hakiki - 2001011072 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Batanghari yang pasif/tidak aktif dalam proses pembelajaran. Rendahnya keaktifan siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Batanghari dalam pelajaran PAI dapat di dibuktikan dari adanya nilai keaktifan siswa dalam pelajaran PAI di semester genap. Nilai keaktifan siswa yang memiliki kriteria belum aktif sebanyak 64%, sedangkan siswa yang memenuhi kriteria aktif hanya 36%. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi keaktifan siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Batanghari dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sangat rendah.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih bersifat konvensional serta penggunaan metode yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajara PAI dengan menerapkan metode card sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Batanghari yang berjumlah 33 siswa. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus (setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan), dimana setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode card sort pada mata pelajaran PAI kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Batanghari dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai keaktifan siswa pada siklus I yaitu mencapai 51,49%, sedangkan rata-rata nilai keaktifan siswa pada siklus II mencapai 71,23%. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 19,74%. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode card sort pada mata pelajaran PAI klas VIII 1 dapat dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Keaktifan siswa, Metode card sort, PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 04:27 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 04:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9313 |
Actions (login required)
View Item |