Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru PAI Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Kelas VIII Di SMP Al Falah Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah

Nasrulloh, M (2024) Peran Guru PAI Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Kelas VIII Di SMP Al Falah Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI M NASRULLOH - 1901011106 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Para guru khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki peran dalam membentuk karakter Islami siswa. Pada masa sekarang, banyak siswa yang memiliki karakter kurang baik seperti, rendahnya tingkat kedisiplinan, saling acuh terhadap teman, kurangnya sikap jujur, dan bertingkah laku tidak sesuai ajaran Islam. Dalam hal ini terdapat beberapa pendekatan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami siswa, yaitu: melalui pendekatan kebiasaan, pendekatan keteladanan, pendekatan fungsional, dan pendekatan nasihat.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami siswa di SMP Al Falah Rumbia Lampun Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan yag bersifat deskriptif dan teknik pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dalam peneilitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam dan siswa-siwi di SMP Al Falah Rumbia Lampung Tengah, dan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah di sekolah tersebut. Observasi dilakukan untuk mengamati karakter Islami siswa dan dokumentasi dalam penelitian ini adalah data tentang profil sekolah, data guru, siswa dan lain-lain. Teknik analisis data dengan model Miles & Huberman.

Berdasarkan hasil penelitian ini, guru telah berperan dalam membentuk karakter Islami siswa, yaitu melalui beberapa pendekatan, antar lain pendekatan pembiasaan, pendekatan tersebut berupa pembiasaan membaca doa sebelum memulai pelajaran, membiasakan siswa memiliki karakter jujur, penerapan program 5S. Pendekatan keteladanan, pendekatan tersebut berupa pemberian contoh kepada siswa baik ucapan, kepribadian, maupun perilaku guru. Pendekatan fungsional, dilakukan dengan cara mengaitkan materi pelajaran agama dengan kehidupan nyata yang sering dilakukan oleh siswa serta memberikan pemahaman tentang manfaat yang akan dipetik dari materi yang telah disampaikan. Pendekatan nasihat, yaitu melalui pemberian arahan, motivasi dan teguran serta nasihat kepada siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:27
Last Modified: 06 Mar 2024 04:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9314

Actions (login required)

View Item View Item