Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Komunikasi Verbal Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Di Pondok Pesantren Tumaninah Yasin Metro Pusat

Kurniadi, Amri (2024) Implementasi Komunikasi Verbal Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Di Pondok Pesantren Tumaninah Yasin Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI AMRI KURNIADI - 1904011002 - KPI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena aktifitas komunikasi ustad/ustadzah dipondok pesantren Tumaninah Yasin Metro Pusat dimana telah terjadi peningkatan hafalan AlQur‘an santri dibandingkan sebelum adanya komunikasi yang dilakukan ustad dan ustadzahnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi komunikasi verbal ini dapat mempermudah santri, dalam memahami pembelajaran dengan baik, yakni menggunakan kata-kata, baik secara lisan atau tulisan, yang mampu mengungkapkan perasaan emosi, pikiran, dan gagasan. Yang akan membentuk dan melahirkan pemikiran yang bagus dan daya mengingat yang baik, sehingganya santri-santri dapat dengan mudah mengimplementasikan hafalannya dengan baik melalui Komunikasi Verbal tersebut.

Adapun metode yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dan data penelitian ini dadapatkan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Dalam penelitian ini jumlah keseluruhan santri di pondok pesantren Tumaninah Yasin Metro Pusat yaitu 150 santri, yang terdiri 57 santri putra dan 93 santri putri, dan mewawancarai 2 ustad dan 2 ustadzah yang berperan penting dalam memegang hafalan santri, sekaligus ustad ataupun ustadzah yang memegang pembelajaran tahsin Al-Qur‘an. Serta 1 ditujukan kepada mundir, dan mewawancarai 4 orang santri.

Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa implementasi komunikasi verbal ini dapat dilakukan yaitu dengan pengarahan mundir, dan ustad/ustadzahnya terhadap pembelajaran Al-Qur‘an, sehinggganya santri mendapatkan pemahaman, serta di dalam proses menghafal Al-Qur‘an, santri tersebut menerapkan bacaanya sesuai hukum tajwidnya, dan mengamalkan kaidah bacaan Al-Qur‘annya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:27
Last Modified: 06 Mar 2024 04:27
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9315

Actions (login required)

View Item View Item