Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Budi Pekerti Siswa Di SMP Negeri 1 Mesuji OKI

Sari, Evita Nurma (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Budi Pekerti Siswa Di SMP Negeri 1 Mesuji OKI. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Evita Nurma Sari - 1901012012 - PAI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Orang tua dan keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk budi pekerti anak. Hal ini dikarenakan mereka adalah guru pertama yang membantu tumbuh kembang anak terutama pada proses pembentukan budi pekerti. Selain pendidikan dini dalam ruang lingkup keluarga, pendidikan formal juga diharapkan mampu mencetak generasi yang berbudi pekerti baik dikarenakan guru memiliki peran penting dalam mengusahakan pembentukan dan penanaman budi pekerti. Tujuan pendidikan dapat diwujudkan menjadi lebih baik harus diawali dengan membentuk budi pekerti siswa, dengan cara guru memberikan contoh suri tauladan yang baik misalnya mengucapkan salam ketika memasuki kelas, berdoa bersama sebelum memulai pelajaran, mengucap alhamdulilah ketika selesai jam pelajaran, bertutur kata baik dan lemah lembut, mengucap kata tolong ketika hendak menyuruh siswa, mengajarkan sikap sopan santun, menerapkan pembiasaan 3s (senyum, salam dan sapa), disiplin waktu, bersikap jujur, mengajarkan sikap tanggung jawab, mengajarkan sikap toleransi dan terbuka pada kesalahan serta mengajarkan nilai moral pada setiap jam pelajaran. Adapun fenomena di sekolah yang terjadi pada penelitian ini adalah masih banyak siswa yang tidak memiliki sikap sopan santun yang baik serta tidak disiplin waktu dan bersikap tidak jujur kepada guru.

Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Mesuji OKI? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Mesuji OKI. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan (Field Research) sifatnya yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi atau kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber diketahui bahwasanya peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk budi pekerti siswa dilakukan dengan: (1) Guru sebagai fasilitator bertanggung jawab atas perangkat pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik. (2) Guru sebagai demonstrator mengajarkan sikap disiplin seperti membuang sampah pada tempatnya dan datang ke sekolah tepat waktu. (3) Guru sebagai pembimbing membimbing siswa untuk berkata jujur dan membimbing siswa agar memiliki sikap toleransi atau menghargai kepada siapapun. Dan yang terakhir (4) Guru sebagai motivator yaitu memberikan semangat belajar pada siswa supaya siswa bisa senang dan nyaman ketika belajar dikelas sehingga tidak ada lagi siswa yang tidur dikelas, ribut dikelas ataupun bolos saat jam pelajaran.

Kata kunci: Peran Guru, Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:33
Last Modified: 06 Mar 2024 04:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9317

Actions (login required)

View Item View Item